Senin, 01 Oktober 2012

Danau Toba

Danau toba adalah salah satu tempat wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. .Danau toba bertempat di kota Parapat.
Lake Toba, North Sumatera (13).JPGLAKE TOBA

Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.,Namun menurut masyarakat setempat serta kepercayaan yang ada ,konon katanya danau toba terjadi karena adanya sebuah cerita rakyat yang mengisahkan seorang pria toba menikahi bidadari yang dikutuk menjadi ikan lalu mereka memiliki seorang anak yang bernama samosir  dan danau ini terbentuk akibat dari kesalahan pria toba yang melanggar sebuah pantangan yang diberikan istrinya (bidadari yang dikutuk menjadi ikan ),ia menyebut anaknya dengan sebutan anak ikan dan akhirnya desa yang ditempati oleh mereka terkena banjir ,sejak saat itulah danau toba terbentuk dan ditengahnya terdapat sebuah pulau yang bernama samosir yang konon katanya merupakan anak dari pasangan tersebut yang melarikan diri ke atas bukit. 

SAMOSIR ISLAND with LAKE TOBA 
Menurut pengalaman saya selama berlibur di sana danau toba merupakan tempat yang indah dan wajib dikunjungi bila kita melewati parapat,,di pinggir danau ini terdapat pula  batu gantung, yang konon katanya terbentuk dari sebuah legenda tentang seorang anak yang dijodohkan ,namun anak itu melarikan diri bersama seekor anjingnya dan mereka akhirnya melompat dari atas bukit tetapi mereka tersangkut dan berubah menjadi batu sejak saat itulah tempat itu disebut batu gantung ,di bawah batu gantung ini terdapat goa yang dapat langsung tembus ke Siantar.Pulau samosir juga tdk kalah menarik untuk dikunjungi di sini banyak wisatawan lokal maupun mancanegra yang sengaja datang untuk melihat pulau ini,di dalam pulau ini terdapat berbagai peninggalan dari rakyat zaman dahulu.

SAMOSIR ISLAND

itulah sedikit ulasan tentang danau toba ....^_^

Tidak ada komentar: